Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 21 Juni 2016

Tipe Orang yang Gak Puasa di Bulan Ramadhan

Ada beberapa tipe orang-orang yang gak puasa di bulan Ramadhan:
1. Ibu hamil dan menyusui: Ini wajar ya, karena sang Ibu perlu nutrisi yang cukup buat si dedek bayi. Puasanya bisa diganti atau fidyah.
2. Musafir: Orang yang melakukan perjalanan jauh dan tidak sanggup berpuasa. Biasanya karena bepergian ke zona waktu yang berbeda maka waktu berbuka akan gak teratur. Puasa bisa diganti setelah bulan Ramadhan.
3. Perempuan berhalangan: Setiap bulannya perempuan selalu kedatangan tamu yaitu 'datang bulan'. Ini yang paling nyesek, mau di awal, pertengahan bahkan saat akhir ramadhan menjelang idul Fitri si 'datang bulan' datang! Haduh sedihnya. Puasanya diganti setelah bulan Ramadhan.
4. Sakit: Orang yang sakit dan tidak sanggup berpuasa diperbolehkan untuk tidak puasa. Jadi kalau cuma batuk biasa saja ya tetap harus puasa. Puasanya juga bisa diganti setelah bulan Ramadhan atau Fidyah.
5. Masih kecil: Dedek-dedek kecil yang di bawah umur masih boleh tidak berpuasa tapi sebaiknya diajarkan sejak dini (saran: 7 tahun) untuk berpuasa walaupun setengah hari. Gak perlu ganti puasa, kan belum akil baligh hehe.
6. MALAS: Ini nih yang paling nyebelin. Alasannya ketinggalan sahur, lupa, atau gak sanggup. Haduh, kalau sudah akil baligh ya harus puasa lah kecuali termasuk tipe-tipe di atas. Ini sikap yang harus diubah!

Sekian tipe-tipe orang yang gak berpuasa. Tetap semangat puasanya untuk meraih pahala dan Ridha-Nya aamiin 😇

0 komentar:

Posting Komentar