Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 13 November 2016

3 Months in USA!

Omg, time surely flies so fast, eh? Sisa waktu saya 7 bulan lagi di negeri Paman Sam ini. Banyak hal yang terjadi dan berikut pengalaman baru saya selama di Amerika Serikat.
Perkenalkan saya Andi dari Makassar, Indonesia. Seorang siswa SMA yang beruntung diberi kesempatan untuk bersekolah sebagai pertukaran pelajar di Amerika Serikat.
Pertama kali sampai di negeri orang-orang berani ini, saya berada di Washington, DC guna mengikuti rangkaian orientasi. Setelah itu saya berangkat ke rumah Host Family atau keluarga angkat pertama saya di North Carolina. Saya berangkat sendiri ke North Carolina dengan pesawat United. Sesampai di bandara saya di jemput oleh Host-Mother saya atau Ibu angkat dan menuju ke rumah baru saya yang memakan waktu 2 jam dari bandara. Sesampainya, saya bertemu Host-Dad atau ayah angkat, Host-siblings atau saudara angkat saya. Adik saya cewe dan cowo. Awalnya mereka malu pada saya. Saya ingat sesampai disana saya segera tidur karena jetlag dan bangun pada jam 6 sore.
Saya bertemu kordinator saya yang mana adalah sahabat Host-mother saya juga kedua anaknya. Anak-anaknya sangat dekat dengan adik-adik saya. Kami juga sering bermain bersama. Selama di North Carolina, saya berkeliling kota kecil saya bersama host family. Saya juga pernah ke Sylvan Birds Park dan tempat itu memiliki banyak spesies burung termasuk salah satunya dari Indonesia!
Saya bersekolah di SMA publik yang memiliki 1500 siswa. Sistem pendidikannya berbeda dari Indonesia. Disini para siswa yang pergi dari kelas ke kelas atau moving class. Guru hanya tinggal di kelas dan menunggu muridnya. Saya memiliki 4 pelajaran dan 1 Homeroom setiap harinya. Homeroom class digunakan untuk belajar, mengerjakan PR, atau sekadar membaca buku. Pada jam makan siang, semua murid harus berada di Cafetaria dan tidak boleh berada di kelas. Pengunaan waktu sangat penting disini. Tidak boleh terlambat dan ketika ingin izin keluar kelas seperti ke toilet harus mengunakan pass atau kartu izin. Saya bersekolah disini kira-kira 3 minggu. Kelas yang saya ambil yaitu US History, Interior Design, Debate, dan Spanish.
Sebulan setelah berada di North Carolina, saya pindah ke New York dan mendapat keluarga angkat baru yang akan meng-hosting saya sampai masa program selesai. Saya dijemput oleh Hostfamily saya yaitu Host-mom, host-dad, host-sister, dan teman sekolah. Setelah dijemput kami singgah makan di restauran terdekat dari bandara. Saya tinggal di rural area atau desa. Jadi saya tidak tinggal di New York yang penuh bangunan dan pencakar langit melainkan penuh pohon dan pemandangan alam yang indah.
Karena saya berada di State lain, regulasi sekolahnya juga berbeda. Saya memiliki 8 pelajaran setiap harinya yang mana salah satunya adalah study hall. Study hall digunakan untuk belajar atau buat PR. Namun selama saya di sekolah baru saya ini, saya selalu melakukan kegiatan Community Service atau Volunteering. Mata pelajaran yang saya ambil disini adalah Choir (3x seminggu), Career Exploration, English, Film Studies, US History, Art History, Photography, Gym Class (2x seminggu). Saya juga aktif mengikuti klub seperti Yearbook Club, FBLA (Future Business Leader of America), Lego League (sebagai Volunteer). Saya sering mengikuti Field Trip sekolah ke beberapa Universitas New York State dan juga salah satu konferensi yaitu SADD. Untuk winter season saya mengikut Indoor Track di sekolah.
Banyak pengalaman baru yang saya lakukan disini seperti Homecoming. Homecoming adalah kegiatan olahraga di SMA Amerika Serikat yang diakhiri dengan Homecoming Dance. Selama homecoming week para siswa akan memakai baju berbeda tiap harinya sesuai tema. Homecoming dance adalah pesta untuk merayakan selesainya homeconing dengan berdansa.
Selain itu, saya juga merasakan Halloween disini. Saya melakukan Pumpkin Carving bersama Host Family saya. Lalu melukis di Labu untuk kegiatan Volunteering di gereja kota saya bersama teman sekolah dan anak pertukaran pelajar dari organisasi saya. Selanjutnya bermain di labirin jagung. Labirinnya sangat luas dan membingungkan tapi akhirnya saya dan teman-teman berhasil menemukan jalan keluar. Disusul pesta Halloween di salah satu rumah Host Family. Disana para pertukaran pelajar melakukan Pumpkin Carving untuk pertama kalinya, memakai kostum, makan-makan, dan main games. Kegiatan diakhiri dengan bermain di Rumah Hantu. Rumah itu sangat besar dan tenang hantunya hanyalah manusia. Rumah hantu itu terdiri dari 3 lantai dan 1 basement. Banyak ruangan yang harus dilewati. Pada hari Halloween tanggal 31 Oktober. Anak-anak dan remaja akan pergi dari rumah ke rumah untuk meminta permen dan coklat atau yang dikenal dengan Trick or Treat. Saya pergi bersama adik saya lalu bersama guru saya dan anak-anaknya. Hasilnya saya mendapat 1 tas penuh dengan coklat dan permen yang belum saya habiskan hingga sekarang.
Itulah pengalaman-pengalaman saya yang pastinya bukan sepenuhnya. Masih banyak hal yang terjadi dan akan terjadi. Terima kasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya!

0 komentar:

Posting Komentar